Selasa, 25 Juli 2017

MENGIBARKAN MERAH PUTIH DIATAS FUJIYAMA

Siapa yang nggak kenal Gunung Fuji? Semua orang yang pergi ke Jepang pasti pengen foto dengan latar belakang gunung cantik ini. Apalagi waktu musim panas akan tiba, saat puncak gunung Fuji masih terbalut dengan salju di puncaknya, Cantiiik niaaan! Tapi daripada hanya foto, saya bertekad suatu hari saya harus menginjakkan kaki diatas gunung suci di Jepang ini.

Tepat ditanggal 17 Agustus 2016 lalu lah saya berhasil menginjakkan kaki dan bonus mengibarkan bendera Merah Putih diatas Gunung Fuji walaupun dihantam Badai Taifuun dan hampir hipotermia sampai terpaksa nginep di Hut ( Barak seharga 800rb hanya untuk 6 jam!) . Priceless Momentlah Pokoknya!

Nah saya ingin berbagi pengalaman saya mendaki gunung Fuji kemarin bersama cewek tangguh Lieta travelmate saya didarat maupun di udara Haha... Berdua saja mandiri tanpa tour guide! Cekidot!

WHAT NEED

1. PERSIAPAN FISIK. ini Modal Utama untuk semua orang yang ingin mendaki gunung pastinya. Jangan harap mendaki gunung kalau setiap harinya cuma duduk di depan komputer,  trus naik turun mobil dari rumah - kantor-rumah. Latih fisik kalian minimal sebulan/2 bulan/3 bulan sebelum mendaki gunung dengan cara rutin Lari keliling komplek (itu saya). Walaupun gunung Fuji termasuk gunung yang tidak terlalu tinggi untuk titik awal pedakiannya, yang bahkan anak kecil,kakek-nenek saja bisa mendaki, tapi tetap saja, yang namanya gunung punya karakteristik masing-masing. Jangan pernah anggep remeh gunung dimanapun. Bagi yang suka mendaki gunung di Indonesia, karekteristiknya hampir mirip seperti saat summit di Gunung Rinjani, berpasir & berbatu. Tapi saat dibawah, jalurnya berupa batu-batu besar seperti anak tangga yang tidak beraturan.

2. BAWA BACKPACK KECIL SAJA. Mendaki gunung Fuji, bukan seperti mendaki gunung seperti di Indonesia, yang mengharuskan kita membawa tenda, sleeping bag, alat masak dll. Disepanjang jalur pendakian sudah tersedia tempat menginap (HUT) termasuk restoran dan toilet. Jadi tidak perlu membawa perlengkapan camping seperti biasanya karena dilarang juga untuk mendirikan tenda di area gunung Fuji. Kalian hanya perlu membawa bekal secukupnya, Pakaian Ganti, Air Minum. Sehingga memudahkan kalian untuk mendaki ketas dengan beban yang ringan.
Barang yang saya bawa keatas:
  • Pakaian Ganti
  • Snack (Roti, Onigiri
  • Minuman 2 Liter
  • Kamera
  • Obat-obatan pribadi
3. PAKAI PAKAIAN MENDAKI. Pakailah peralatan mendaki yang standart dan nyaman.
  • Sepatu Hiking
  • Kaos & Celana Hiking (kalau ada, asal jangan pakai celana jeans)
  • Gaiter (untuk menahan pasir masuk ke dalam sepatu)
  • Trekking Pole
  • Jas Hujan (penting dibawa, karena cuaca sulit ditebak. saat saya mulai mendaki cuaca sangat cerah, tapi saat pertengahan hujan lebat disertai angin kencang)
  • Jaket  anti angin & anti air (kalo ada) Berguna menahan badan agar tidak hipotermia.
  • Sarung Tangan
  • Penghangat tangan ( ini semacam serbuk dikantong, saat dipegang, panasnya tahan lama)
4. Bawa Uang cash  secukupnya & Uang receh yang banyak. Karena diatas tidak ada ATM dan untuk masuk ke toilet kita harus bayar 200 yen kalo gak salah inget.

WHEN

Nah, persiapan udah oke. tinggal jalan nih ke gunung Fuji. Eiits..tunggu dulu, kamu harus liat jadwal pendakian gunung Fuji kapan dibuka. Pendakian gunung Fuji, hanya dibuka saat musim panas. Jadi sekitar bulan Juli - Agustus. Nah kemarin saya mendaki di bulan Agustus bertepatan saat hari Kemerdekaan Republik Indonesia, tepat tanggal 17 Agustus, saya berada di atas gunung Fuji untuk mengibarkan bendera Merah Putih :D.

Tapi saat musim panas, hujan pun akan sering turun. Kemarin saya bahkan kena Badai Taifun diatas!! Sebenernya sudah ada pengumuman waspada Badai dibawah saat saya akan mulai mendaki, tapi berhubung pengumumannya pakai bahasa Jepun, yaa kami tidak ngerti, main hajar aja naik keatas XD.

Sebenarnya Itinnerary kami sudah benar, Sore mulai mendaki, perkiraan sampai diatas sebelum top itu sekitar pukul 02.00-03.00 pagi. Dan lanjut untuk melihat sunrise di puncak Fuji jam 5 pagi. Tapi takdir berkata lain. Kami terpaksa masuk ke HUT untuk menyelamatkan nyawa karena kondisi cuaca yang sudah tidak memungkinkan untuk dilanjutkan pendakian. dengan membayar 6800 yen,atau sekitar 800rb!!!! saya berteduh dan mencoba tidur di barak dengan sleeping bag seadanya dengan kondisi lepek basah selama sekitar 6jam saja. Soalnya pukul 6 pagi kami diharuskan sudah pergi dari tempat itu. Peliiit!! Benar saja, sesaat kami masuk ke HUT, tiba-tiba angin taifun sangat kencang datang, atap HUT kami pun sampai bergetar-getar, dindingnya seperti di gebuk-gebuk batang kayu. Gak kebayang kalau kami masih diluar tadi T_T.

Dan akhirnya kami baru melanjutkan perjalanan ke puncak sekitar pukul 6 pagi, saat angin dan hujan sudah mulai reda. Dan kami pun tidak melihat sunrise jadinya saat memulai kembali jalan keatas. Tapi kami tidak kecewa, karena pemandangan dibawah gunung Fuji sangat indah diliat dari atas.

HOW TO GO THERE & COST

Banyak alternatif transportasi meuju gunung Fuji. Kalau saya kemarin memulai dari Tokyo dan stop semalam dulu di Kawaguchiko untuk explore keindahan Kawaguchiko. ada  4 Pintu masuk untuk memulai pendakian gunung fuji. Tapi yang terkenal dan katanya mudah yaitu dari jalur Fuji-Subaru (Yoshida Trail). Maka saya memilih jalur itu untuk memulai pendakian.

Berikut Cost yang saya keluarkan (tidak termasuk HUT):
Bus Tokyo (Shinjuku) -Kawaguchiko : 1750 yen
Bus Kawaguchiko - Mt.Fuji 5th station : 1540 yen
Biaya registrasi mendaki : 1000 yen
Bus Mt Fuji 5th Station - Shinjuku : 2700 yen
TOTAL : 6990 yen sekitar 800rb an (kurs saat itu sekitar 130)

Biaya itu sangaaat jauh lebih murah dibanding kita harus ikut paket tour. Jalur pendakian gunung Fuji sangat jelas, tertata dengan rapi, Tidak usah takut untuk mendaki sendiri. Disetiap persimpangan banyak petugas yang mengarahkan jalur. Jalur mendaki dan jalur turun dibedakan agar tidak terjadi tabrakan. Kereen deh Jepang! buat naik gunung aja dipikirin jalurnya!

Jadi siapa selanjutnya yang ingin mengibarkan Merah Putih diatas Fujiyama?? Ditunggu ceritanya yaa... Good Luck! semoga kalian sukses sampai puncak dan lebih beruntung daripada kami :D

Bila ada yang ingin menambahkan/mengkoreksi silahkan :)